Patroli Cipta Kondisi Digencarkan Selama PPKM

  • Post author:
  • Post published:January 10, 2021
  • Post category:Regional
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:2 mins read

SOLO – iMNews.id – Satpol PP Kota Surakarta bakal menggencarkan patroli Cipta Kondisi, guna mendukung efektivitas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berlangsung mulai besok pagi.

Kepala Satpol PP Arif Darmawan meyakinkan jika petugas akan memaksimalkan pemantauan lapangan agar aturan PPKM dan protokol kesehatan ditaati masyarakat. Patroli tersebut juga melibatkan aparat TNI/Polri dan kejaksaan.

“Kami akan bersinergi dalam melaksanakan patroli Cipta Kondisi, minimal tiga kali dalam sehari,” tandas Arif.

Jika ditemukan pelanggaran, maka petugas akan memberikan sanksi sesuai aturan. “Sanksinya bertahap. Apabila sanksi pertama yakni teguran lisan tidak berhasil, ya dilanjutkan teguran tertulis. Kemudian pembubaran kegiatan, harus mengikuti rapid test, dan/atau kerja sosial paling lama delapan jam di fasilitas umum yang ditentukan,” bebernya. Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, menegaskan bahwa kepolisian mendukung PPKM yang diterapkan Pemkot.

Sinergi dengan TNI dan Satpol PP dalam menegakkan aturan pembatasan akan dioptimalkan pihaknya.“Kami juga akan mengerahkan tim pengurai kerumunan yang terdiri dari Polri, TNI dan Satpol PP. Apabila nanti dalam pembubaran kerumunan yang dilakukan petugas ada perlawanan atau tidak dihiraukan, maka penyidik akan menjerat pasal pidana bagi pelaku kerumunan maupun penyelenggara kegiatan kerumunan,” tandas Ade.

Kapolresta menerangkan aparat tidak akan melakukan penyekatan, guna membatasi mobilitas warga. “Ruang lingkup penegakan yang akan kami lakukan sesuai surat edaran (SE) Wali Kota,” jelasnya. (FP)

Leave a Reply