Sabtu, 27 November 2021
Kesehatan UMS Siap Bantu Edukasi Program Vaksinasi

UMS Siap Bantu Edukasi Program Vaksinasi

Baca Juga

Pekan Seni dan Ekonomi Kreatif Jadi Ciri Peringatan 90 Tahun Pakasa

Didirikan Sinuhun PB X, Sebagai Embrio Demokrasi SOLO, iMNews.id - Pekan Seni dan Ekonomi Kreatif akan digelar Lembaga Dewan Adat...

Kerja-Bhakti Resik-resik Alun-alun dan Pagelaran, Awali HUT 90 Tahun Pakasa

Para Sesepuh Ajak KGPH Mangkubumi Pimpin Adik-adiknya Bergabung SOLO, iMNewsid – Setelah berhenti ketika memasuki Lebaran 2021 dan beristirahat beberapa...

Gusti Moeng Diminta Bicara Soal Pelestarian Bahasa Jawa di FGD pra-KBJ VII

Bahasa Daerah Lainnya Wajib Dipelihara Negara SOLO, iMNews.id – Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Mataram Surakarta GKR Wandansari Koes...
~Pariwara~

SUKOHARJO, iMNews.id – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) siap membantu untuk mengedukasi pentingnya program vaksinasi yang sudah dimulai pemerintah. Sebab, keamanan dan kehalalan vaksin yang digunakan tak perlu diragukan lagi, sementara siapapun yang mendapat prioritas disuntik vaksin dimaksudkan sebagai cara yang efektif untuk mencegah terjadinya infeksi.

”Maka, sudah menjadi tugas kita untuk memberikan edukasi kepada masyarakat melalui pendekatan objektif. Untuk mendorong keyakinan orang-orang agar mendukung dan mengikuti program vaksinasi ini,” ujar Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Prof Dr Muhammad Da’i MSi Apt, saat memberikan sambutan pada webminar Gugus Covid-19 UMS, belum lama ini.

Menurut profesor pakar di bidang farmasi itu, pencegahan penyebaran Covid-19 melalui vaksinasi merupakan salah satu strategi yang paling efektif untuk mencegah terjadinya infeksi. Maka, tenaga kesehatan menjadi prioritas untuk mendapatkan, vaksin dan kemudian disusul kelompok-kelompok yang rentan terjadinya penularan Covid-19.

Diakui, informasi tentang vaksin terkait aspek keamanannya dan kehalalannya memang banyak berseliweran. Padahal, sebagian besar tidak didukung dengan data dan informasi yang valid. Oleh sebab itu, UMS siap jika diajak untuk melakukan edukasi dan sosialisasi program vaksinasi ini.

Menurutnya, vaksin ini memiliki arti penting tidak hanya pada orang yang divaksin, melainkan juga orang lain. Karena seseorang yang sudah melakukan vaksinasi, berarti juga mencegah penyebaran pada orang lain yang belum mendapat vaksin.

Oleh sebab itu, UMS mendukung program vaksinasi ini. Bahkan UMS siap jika mendapat giliran vaksinasi setelah Nakes (tenaga kesehatan).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo, dr Yunia Wahdiyati, MSi yang menjadi pembicara webminar itu berharap, proses vaksinasi di Indonesia khususnya di daerah bisa berjalan lancar. Ketersediaan vaksin diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh pelosok Indonesia.

”Kalau melihat jumlah penduduk kita, berarti butuh vaksin sekitar 260 jutaan. Semoga bisa terpenuhi” katanya. (won).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini

Pekan Seni dan Ekonomi Kreatif Jadi Ciri Peringatan 90 Tahun Pakasa

Didirikan Sinuhun PB X, Sebagai Embrio Demokrasi SOLO, iMNews.id - Pekan Seni dan Ekonomi Kreatif akan digelar Lembaga Dewan Adat...

More Articles Like This