Kamis, 2 Desember 2021
Kesehatan Rumkitlap di Benteng Vastenburg Siap Layani Pasien dan Vaksinasi Covid-19

Rumkitlap di Benteng Vastenburg Siap Layani Pasien dan Vaksinasi Covid-19

Baca Juga

Seakan tak Mengenal Lelah, Terus Bergerak Memimpin Upaya Pelestarian Budaya

Belum Selesai Menggelar Hari Jadi Pakasa, Sudah Diselingi Ritual Mahesa Lawung SOLO, iMNews.id – Seakan tak mengenal lelah, belum selesai...

Golkar “Memberanikan Diri” Membuka Sejarah Para Pahlawan Lewat Sarasehan

Jadi Ajang ‘’Menagih Janji’’ Wali Kota Gibran Rakabuming SOLO, iMNews.id – Dalam sepanjang sejarah NKRI lahir (1945) hingga kini, baru...

Wakil Wali Kota : “Kalau Tidak Mau Dihormati, ya………..”

Sumbang Rp 5 Juta untuk Pekan Seni 90 Tahun Pakasa SOLO, iMNews.id – Pembukaan Pekan Seni dan Ekraf (Ekonomi Kreatif)...
~Pariwara~

SOLO, iMNews.id – Rumah sakit lapangan (Rumkitlap) di Benteng Vastenburg diresmikan Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, Rabu (24/2).

Peresmian itu menandai kesiapan rumah sakit dalam menangani rujukan pasien Covid-19 dari Solo dan sekitarnya, serta vaksinasi massal. “Hampir seluruh wilayah terjadi peningkatan (kasus Covid-19) yang cukup besar setelah libur. Ini memantik perhatian segenap pimpinan TNI AD di Jakarta sehingga KASAD (Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa, pada saat itu melihat rumah sakit ini bisa membantu masyarakat di Solo,” terang Bakti.

Rumah sakit ini terdiri 20 tenda. Meliputi tenda tenaga kesehatan, Instalasi Gawat Darurat (IGD), laboratorium, perawatan dan ruang dekontaminasi. Selain di Solo, rumah sakit rujukan Covid-19 milik TNI AD tersebut juga dibangun di Sulawesi Barat (Sulbar) dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto di Jakarta.

“Rumah sakit ini bisa dibongkar dalam waktu cepat, dipasang dalam waktu cepat dan langsung dioperasionalkan. Tadi ada koordinasi dengan Pak Kadinkes (Kepala Dinas Kesehatan) Provinsi, bahwa di seputaran rumah sakit bisa didirikan tenda-tenda untuk pelayanan vaksinasi massal bagi masyarakat,” papar Bakti.

Lebih lanjut ia mengingatkan agar semua pihak mengantisipasi peningkatan kembali kasus Covid-19, meski saat ini kasusnya cenderung menurun.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Yulianto Prabowo, mengapresiasi inisiatif TNI dalam pendirian rumkitlap tersebut. Menurutnya rumah sakit itu bisa membantu penanganan pasien dari eks Karesidenan Surakarta.

Berdasarkan data Pemprov, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Jateng hingga 23 Februari tercatat 150.659 kasus. Rinciannya adalah 7.150 pasien dirawat, 134.084 orang sembuh dan 9.425 orang meninggal. (FP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini

Seakan tak Mengenal Lelah, Terus Bergerak Memimpin Upaya Pelestarian Budaya

Belum Selesai Menggelar Hari Jadi Pakasa, Sudah Diselingi Ritual Mahesa Lawung SOLO, iMNews.id – Seakan tak mengenal lelah, belum selesai...

More Articles Like This