Malam Nanti, Pakasa Kraton Surakarta Gelar Shalawat di Pendapa Pagelaran

  • Post author:
  • Post published:December 23, 2023
  • Post category:Regional
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:5 mins read
You are currently viewing Malam Nanti, Pakasa Kraton Surakarta Gelar Shalawat di Pendapa Pagelaran
KIRAB BUDAYA : Pakasa Cabang Boyolali menggelar wilujengan dan kirab budaya peringatan HUT ke-92 Pakasa dan HUT Pakasa cabang di Pesanggrahan Paras, Boyolali, Kamis (21/12) sore. Gusti Moeng, Gusti Ayu, KPH Edy Wirabhumi dan rombongan dari kraton ikut kirab. (foto : iMNews.id/dok)

Siang Ini, Cabang Kabupaten Magelang Gelar Wilujengan HUT ke-92 Pakasa

SURAKARTA, iMNews.id – Peringatan Hari Jadi atau Ulang Tahun organisasi Pakasa yang pernah dilahirkan Sinuhun PB X pada 29 November 1931, masih berlanjut setelah momentum gelar berbagai kegiatan yang dipusatkan di Pendapa Pagelaran Sasana Sumewa, Minggu, 26 November lalu.

Selain kegiatan donga wilujengan yang digelar secara bergiliran di berbagai daerah, Sabtu malam Minggu nanti pengurus Pakasa Punjer menggelar puncak peringatan berupa kegiatan religi yang bertajuk “Pakasa Kraton Surakarta Bershalawat”. Kegiatan itu akan digelar bersama Majlis Taklim Riyadlul Jannah, di Pendapa Pagelaran, mulai pukul 19.00 WIB.

SUDAH TOTAL : Walau kepengurusan Pakasa Cabang Kudus yang dipimpinnya baru akan ditetapkan awal 2024, tetapi KRA Panembahan Didik Gilingwesi sebagai “Plt” Ketua Cabang Kudus sudah sering tampil total dan “all-out” di setiap kegiatan adat yang digelar kraton. (foto : iMNews.id/Won Poerwono)

“Acaranya betul itu. Keterangan lebih lanjut konfirmasi dengan Kanjeng (KRAT) Sunarso (Suro Agul-agul) ya…,” ujar KPH Edy Wirabhumi selaku Pangarsa Pakasa Punjer yang dimintai konfirmasi iMNews.id soal rencana acara Pakasa Bershalawat, nanti malam.

Di tempat terpisah, KRAT Sunarso Suro Agul-agul selaku Wakil Ketua Pakasa Cabang Ponorogo (Jatim) yang dimintai konfirmasi, hingga kini belum memberi jawaban. Tetapi, undangan bertajuk “Pakasa Kraton Surakarta Beshalawat” yang terdapat beberapa foto di antaranya KPH Edy Wirabhumi dan Gusti Moeng, sudah beredar di grup WA Pakasa sejak kemarin.

AKAN HADIR : Pakasa Cabang Jepara yang dipimpin KRA Bambang S Adiningrat yang selama ini sudah benar-benar menjadi daya dukung kraton di berbagai acara, malam nanti akan membawa rombongan 20-an orang di acara Pakasa Kraton Surakarta Bershalawat. (foto : iMNews.id/Won Poerwono)

Sampai kini belum ada kejelasan apakah kegiatan di Pendapa Pagelaran nanti malam berkaitan atau menjadi bagian dari kegiatan Pakasa Cabang (Kabupaten) Ponorogo dalam menggelar donga wilujengan HUT ke-92 Pakasa yang diserahkan sepenuhnya kepada cabang-cabang untuk mengadakan peringatan di di daerah masing-masing.

Karena KRRA MN Gendut Wreksodiningrat selaku Ketua Pakasa cabang Ponorogo yang dihubungi iMNews.id sebeleumnya menyebutkan, Pakasa cabang akan menggelar acara donga wilujengan di wilayah cabangnya pada 15 Januari 2024 mendatang. Peringatan sekaligus perayaan serupa, secara bervariasi sudah dilakukan beberapa Pakasa cabang.

JUGA MENGGELAR : Walau Pakasa cabang Ponorogo sudah mengagendakan untuk menggelar wilujengan HUT ke-92 Pakasa di markas cabangnya 15 Januari, tetapi masih juga mendukung gelar acara “Pakasa Kraton Surakrta Bershalawat” di Pendapa Pagelaran, Sabtu malam nanti. (foto : iMNews.id/Won Poerwono)

“Kami akan hadir bersama rombongan 20-an orang di acara Pakasa Bershalawat yang digelar di Pendapa Pagelaran, Sabtu malam (23/12),” ungkap KRA Bambang S Adiningrat selaku Ketua Pakasa Cabang Jepara yang dihubungi secara terpisah, sebelumnya. Cabang Jepara, sudah menggelar kegiatan HUT ke-92 Pakasa, Sabtu (2/12) di Pendapa Jodlo Hadipuran.

Sementara itu, Pakasa Cabang Kudus yang dipimpin KRA Panembahan Didik Gilingwesi Hadinagoro (Plt Ketu Pakasa) menuturkan kepada iMNews.id, bahwa dirinya tidak bisa hadir tetapi mengirim 11 orang utusan untuk mewakilinya di acara yang digelar di Pendapa Pagelaran, Sabtu malam nanti.

SEDANG BERACARA : Pakasa Cabang Magelang yang dipimpin KRT Bagiyono Rumeksonagoro, Sabtu (23/12) siang ini sedang beracara yaitu menggelar donga wilujengan HUT ke-92 Pakasa sekaligus HUT pertama cabangnya di Balai Desa Srumbung, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. (foto : iMNews.id/Won Poerwono)

Sementara itu, Pakasa Cabang Magelang yang dipimpin ketuanya KRT Bagiyono Rumeksonagoro Sabtu (23/12) siang ini menggelar acara HUT ke-92 Pakasa sekaligus HUT pertama Pakasa Cabang di Balai Desa Srumbung, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. Acara itu juga diisi penyampaian materi tentang tata-busana adat Jawa.

Di Pakasa Cabang Boyolali, Kamis sore pengurus cabang setempat juga menggelar wilujengan Hari Jadi Pakasa dan HUT cabang. Kegiatan peringatan dilakukan dengan donga wilujengan dan kirab budaya yang diikuti rombongan dari Kraton Mataram Surakarta, di antaranya Gusti Moeng, KPH Edy Wirabhumi, Gusti Ayu dan anggota Putri Narpa Wandawa. (won-i1).

Leave a Reply