Tenda Rumah Sakit Lapangan Benteng Vastenburg Selesai Didirikan

  • Post author:
  • Post published:January 27, 2021
  • Post category:Kesehatan
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:2 mins read

SOLO, iMNews.id – Seluruh tenda yang disiapkan untuk operasional rumah sakit lapangan (rumkitlap) di Benteng Vastenburg sudah selesai didirikan. Saat ini operasional rumah sakit darurat bagi pasien Covid-19 itu tinggal menunggu penyiapan alat kesehatan dan tenaga medis.

Danrem 074/Warastratama, Kolonel Inf Rano Tilaar, mengemukakan jika pembangunan infrastruktur rumkitlap tersebut sudah selesai dengan berdirinya 20 tenda. Kawasan itu juga sudah dilengkapi fasilitas MCK, yang didesain ulang agar ramah lingkungan

“Tenda sudah terpasang dan MCK sudah ada di 12 titik. Masih akan ditambah dengan MCK dari rumkitlap sendiri,” terang dia, Rabu (27/1).

Instalasi listrik dan penerangan juga telah dipasang di kawasan tersebut. “Untuk kebutuhan air bersih kami membuat beberapa sumur dan dibantu PDAM untuk instalasi pipanya. Sementara untuk kebutuhan air minum, rumkitlap akan dilengkapi satu mobil yang mampu mengubah uap menjadi air minum dengan jumlah yang cukup besar.”

Saat ini persiapan rumkitlap tinggal menunggu instalasi alat kesehatan, seperti alat dekontaminasi, ventilator dan alat anestesi. “Kemungkinan satu sampai dua hari ke depan alat-alat itu akan masuk ke dalam tenda-tenda. Selain itu kami masih menunggu adaptasi dari para nakes. Kemungkinan butuh waktu sepekan bagi mereka untuk beradaptasi, dalam rangka melaksanakan pelayanan kepada pasien,” papar Danrem. (FP)

Leave a Reply