Senin, 25 Oktober 2021
Kesehatan Ketum PP Muhammadiyah dan Rektor UMS Resmikan Rumah Sakit RS Hj Fatimah...

Ketum PP Muhammadiyah dan Rektor UMS Resmikan Rumah Sakit RS Hj Fatimah Sulhan Demak

Baca Juga

Ikatan Kekerabatan Warga Kebumen dengan Keraton Surakarta Nyambung Lagi

Honggowongso adalah Tokoh Arsitek Pembangunan Keraton Mataram Surakarta KEBUMEN, iMNews.id - Ikatan kekerabatan warga (Kabupaten) Kebumen dengan Keraton Surakarta kini...

Pakasa Banjarnegara Gelar Jamasan Pusaka Kalimasada

Putra Mahkota KGPH Mangkubumi Juga Tampak di Ritual Itu BANJARNEGARA, iMNews.id - Pengurus Paguyuban Kawula Keraton Surakarta (Pakasa) Cabang (Kabupaten)...

Gerakan #Selamatkan Keraton, Ditindaklanjuti Wali Kota Solo

Upayakan Bantuan Kemen PUPR untuk Renovasi Keraton Surakarta IMNEWS.ID – GERAKAN #Lestarikan Keraton yang ‘’dikobarkan’’ Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton...
~Pariwara~

DEMAK, iMNews.id — Ketua Umum (Ketum) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nashir meresmikan sejumlah Rumah Sakit di bawah naungan Muhammadiyah yang dipusatkan di Rumah Sakit (RS) Hj Fatimah Sulhan PKU Muhammadiyah Demak, Jateng, Sabtu (10/4). Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Prof Dr Sofyan Anif MSi turut memotong pita sebagai tanda peresmian rumah sakit.

Selain yang ada di Kabupaten Demak, upacara peresmian itu sekaligus juga menandai resminya RS PKU Muhammadiyah di Kabupaten Wonogiri, RS PKU Muhammadiyah Bobotsari di Kabupaten Purbalingga, RS Muhammadiyah Pedan di Kabupaten Klaten dan RS Aisyiyah di Kabupaten Jepara.

Dalam sambutannya, Ketum PP Muhammadiyah Pro Dr Haedar Nashir MSi menyampaikan bahwa Muhammadiyah turut hadir dalam membantu masyarakat di bidang pelayanan kesehatan. “Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa Muhammadiyah turut hadir untuk membantu memajukan bangsa dan negara, di bidang pelayanan kesehatan,” katanya.

Sedangkan Rektor UMS Sofyan Anif berpesan agar rumah sakit Muhammadiyah bisa memberikan kotribusi dalam bidang kesehatan di daerah Demak dan sekitarnya bagi masyarakat. Sementara, Wakil Ketua PD Muhammadiyah Demak, dr Fuad Al Hamidy MKes ARs mengisahkan asal-usul nama RS Hj Fatimah Sulhan yang diambil dari nama keluarga pewakaf, sebagai bentuk penghormatan terhadap spiritnya beramal.

”Nama rumah sakit ini diabadikan dari nama kedua orang tua pewakaf, yaitu Hj Fatimah dan H Sulhan. Jadi, sebagai penghormatan terhadap spirit beramal, yang diharapkan selalu menjadi motivasi bagi kita semua,” kata dr Fuad Al Hamidy MKes ARs.

Rumah Sakit Hj Fatimah Sulhan PKU Muhammadiyah Demak, berdiri di atas tanah waqaf seluas 1,5 hektare yang diberikan sesepuh dan tokoh masyarakat Demak, H Sunaryo (alm) dan H Sugiarto. Semula luas tanah wakaf hanya 1 hektare, kemudian mendapat tambahan wakaf warga Muhammadiyah dan kaum muslimin Demak seluas 5000 m2, sehingga luas tanah seluruhnya sekitar 1,5 hektare.

Fasilitas Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Demak, terdiri 3 lantai dengan kapasitas 100 tempat tidur. Pelayanan yang dimiliki, yaitu layanan gawat darurat 24 jam, medik umum, spesialis penyakit dalam, anak dan spesialis penunjang seperti radiologi dan patologi klinik, layanan kefarmasian, penunjang klinis dan layanan bank darah. (won)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini

Ikatan Kekerabatan Warga Kebumen dengan Keraton Surakarta Nyambung Lagi

Honggowongso adalah Tokoh Arsitek Pembangunan Keraton Mataram Surakarta KEBUMEN, iMNews.id - Ikatan kekerabatan warga (Kabupaten) Kebumen dengan Keraton Surakarta kini...

More Articles Like This