Selasa, 30 November 2021
Pendidikan UMS Ambil Sumpah 98 Apoteker Muda Lulusan Angkatan 34

UMS Ambil Sumpah 98 Apoteker Muda Lulusan Angkatan 34

Baca Juga

Istana Maimun Medan Akan Dikembalikan Menjadi Ikon Kota

Dikunjungi Ketua DPD RI dan Disaksikan Ketua MAKN MEDAN, iMNews.id – Ketua DPD RI AA LaNyala Mahmud Mattalitti yang belakangan...

Pekan Seni dan Ekonomi Kreatif Jadi Ciri Peringatan 90 Tahun Pakasa

Didirikan Sinuhun PB X, Sebagai Embrio Demokrasi SOLO, iMNews.id - Pekan Seni dan Ekonomi Kreatif akan digelar Lembaga Dewan Adat...

Kerja-Bhakti Resik-resik Alun-alun dan Pagelaran, Awali HUT 90 Tahun Pakasa

Para Sesepuh Ajak KGPH Mangkubumi Pimpin Adik-adiknya Bergabung SOLO, iMNewsid – Setelah berhenti ketika memasuki Lebaran 2021 dan beristirahat beberapa...
~Pariwara~

SUKOHARJO, iMNews.id – Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar acara “Sumpah Apoteker” terhadap 98 lulusan angkatan ke-34 tahun 2020/2021. Upacara yang dilaksanakan secara daring dan luring di Aula Fakultas Farmasi, Kamis (1/4) itu, hadir secara luring sebanyak 10 orang untuk mewakili semua lulusan, dalam suasana protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Upacara sumpah apoteker dihadiri oleh Rektor UMS Prof Dr Sofyan Anif MSi, Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) yang diwakili oleh Drs Firwan Firdaus MKes, IAI Pengda Sukoharjo Agus Purnomo SFarm MM dan Dekan Fakultas Farmasi UMS Azis Saifudin PhD Apt.

Pada Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI) periode Februari 2021, Program Studi Profesi Apoteker UMS mengikutsertakan 98 mahasiswa dan dinyatakan lulus 100%. Enam orang di antaranya mendapat nilai tertinggi 3,95 atas nama Syafri Barlian Waris SFarm, Shafira Nurulita Shouma SFarm, Bayu Angga Ali Saputra Widi Asmara SFarm, Ririn Edra Depi SFarm, Nur Isma Rusdiani SFarm, dan Faiz Zaky Nasirudin SFarm.

Dalam sambutannya, Rektor menyebutkan, belum lama ini Program Studi Pendidikan Farmasi terakreditasi “Adequate as Expected” dari ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) . Ia juga berharap, para apoteker baru bisa segera bekerja dan menjalankan sumpah yang diambil sebagai tenaga medis.

“Kemarin baru saja prodi farmasi telah terakreditasi bersama 2 prodi lain. Saya berharap, semua lulusan prodi ini terus dapat bekerja dengan berfikir dinamis, dan pantang menyerah dalam menjalankan pekerjaan. Sesuai dengan sumpah yang diucapkan,” pinta Rektor seusai “Pengucapan Lafal Sumpah Apoteker” lulusan Angkatan ke-34, siang itu.

Sementara itu, Pengurus Pusat IAI yang diwakili oleh Drs Firwan Firdaus MKes berpesan, agar lulusan farmasi menjalankan 7 poin penting. Yaitu menjaga martabat seseorang apoteker, mengedepankan etika profesi apoteker, berkawan dengan baik, mengutamakan kesembuhan dan keselamatan pasien, terus berlajar, tepat waktu dan jangan lupa untuk selalu berdoa baik sebelum dan sesudah bekerja.

“Di manapun, ingatlah dan laksanakan dengan penuh tanggungjawab 7 poin penting itu,” pesan Drs Firwan Firdaus MKes saat memberikan sambutan.

Bambang Bagus Suryadi SFarm sebagai salah satu yang menjalankan sumpah, siang itu mendapat kesempatan untuk menyampaikan pesan dak kesannya. Dia melukiskan bagaimana kegigihannya berjuang untuk menempuh pendidikan secara daring pada saat perkuliahan.

Sampai angkatan 34 tahun 2021 ini, Fakultas Farmasi UMS telah meluluskan apoteker sebanyak 3.273 apoteker. Dan predikat kelulusan mahasiswa angkatan 34 ini, lulus cumlaude ada 68 mahasiswa yang lulus cumlaude, sangat memuaskan 28 mahasiswa dan memuaskan 2 mahasiswa. (won)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini

Istana Maimun Medan Akan Dikembalikan Menjadi Ikon Kota

Dikunjungi Ketua DPD RI dan Disaksikan Ketua MAKN MEDAN, iMNews.id – Ketua DPD RI AA LaNyala Mahmud Mattalitti yang belakangan...

More Articles Like This