26.3 C
Surakarta
Pendidikan Pelatihan Kepemimpinan secara Daring untuk Pengurus Ormawa UMS

Pelatihan Kepemimpinan secara Daring untuk Pengurus Ormawa UMS

Baca Juga

Sinyal-sinyal Kegelisahan Warga Kabupaten Demak, Cermin Kebutuhan Riil Nilai-nilai Budaya

Pakasa Diharapkan Menjadi Mitra Pemerintah, untuk Penguatan Ketahanan Budaya IMNEWS.ID - BILA menyimak ungkapan Bupati Demak KMAy Hj dr Eistianah  Retno...

Bupati Demak Gelisah Karena Warganya Sudah Kehilangan Tata-krama dan Sopan-santun

Pakasa Cabang Dibentuk untuk Diajak Bersama Hadapi Radikalisme dan Inteoleransi DEMAK, iMNews.id - Bupati Demak Hj dr Eistianah SE mengungkapkan...

“Ting-ting Hik, Jadah Jenang Wajik, Aja Lali Tinge Kobong….” (2-habis)

Dipindah ke Kupel Segaran untuk Meramaikan Kebon Raja IMNEWS.ID - UPACARA adat hajad dalem Malem Selikuran atau Lailatul Qadar untuk memperingati...
~Pariwara~

SUKOHARJO- iMNews.id – Biro Kemahasiswaan Unviersitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan Pelatihan Kepemimpinan Fungsional untuk Ormawa (organisasi mahasiswa) UMS secara daring. Kegiatan bertema “Membangun Jiwa Kepemimpinan Fungsional Ormawa yang Unggul, Kreatif, dan Berprestasi di Era Pandemi Covid 19” itu, diikuti oleh 350 aktivis Ormawa UMS.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Pengkaderan, Prof Taufik SPsi MSi PhD menghimbau dan mengingatkan kembali, bahwa kegiatan ormawa masih dilakukan secara daring sesuai dengan keputusan gugus tugas Covid-19.

Menurut Taufik, pelatihan kepemimpinan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, agar organisasi mahasiswa UMS secara fungsional menjadi lebih memahami tujuan organisasinya, seperti isi visi, misi dan tujuan yang sudah disusun, dengan mengaplikasikan prosedur layanan dari biro kemahasiswaan.

Terdapat 4 materi utama yang dijabarkan dalam pelatihan ini, di antaranya tentang penyusunan gagasan ide kreatif dan penyusunan rencana kerja ormawa, manajeman organisasi dan tata tertib mahasiswa. Kemudian, pemahaman manajeman konflik dan tata kelola administrasi.

Sebagai pemateri dalam pelatihan ini adalah Ir Ahmad Kholid Alghofari MT, Drs H Suyatmin Waskito Adi MSi Akt, Dra Mahasri Shobahiya MAg dan Surayadi SE yang disampaikan secara berkesinambungan.

Dari pelatihan itu, diharapkan mahasiswa penggerak Ormawa memahami kegiatannya yang harus sesuai dengan Visi-Misi kemahasiswaan UMS. Yaitu menjadi pusat unggulan pengembangan bidang kemahasiswaan yang islami, kompetitif dan berkarakter.

“Tujuannya untuk mengembangkan potensi mahasiswa. Kegiatan ekstra kurikuler agar menjadi sumber daya manusia yang profesional. Memiliki kepedulian lingkungan sosial, serta memiliki jiwa wirausaha”.

”Yang dilandasi nilai-nilai Islam dan kemuhammadiyahan. Kemudian, mengembangkan dukungan finansial mahasiswa melalui pengadaan dan pengelolaan beasiswa, insentif dan pelayanan kesehatan mahasiswa,” ujar Taufik melalui siaran virtual daring dari kampus pusat UMS, Pabelan, Kartasura, Rabu (17/3). (won)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini

Sinyal-sinyal Kegelisahan Warga Kabupaten Demak, Cermin Kebutuhan Riil Nilai-nilai Budaya

Pakasa Diharapkan Menjadi Mitra Pemerintah, untuk Penguatan Ketahanan Budaya IMNEWS.ID - BILA menyimak ungkapan Bupati Demak KMAy Hj dr Eistianah  Retno...

Berita Terkait