Enam Anggota DPRD Surakarta Positif Covid-19

SOLO, iMNews.id – Sebanyak enam anggota DPRD Surakarta terkonfirmasi positif Covid-19. Tiga anggota diantaranya bahkan dinyatakan positif usai menghadiri pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Wawali) pada Jumat (26/2).

Seluruh anggota legislatif tersebut berasal dari Fraksi PDIP. Ketua DPRD Budi Prasetyo mengungkapkan, ketiga anggota legislatif yang terkonfirmasi positif korona usai mengikuti pelantikan adalah anggota Komisi III. Mereka adalah hasil tracing (penelusuran) dari salah satu anggota DPRD yang lebih dulu terinfeksi Covid-19.

“Ada dua anggota DPRD yang dinyatakan positif sebelum pelantikan. Seorang lagi dinyatakan positif setelah pelantikan, namun yang bersangkutan tidak hadir saat pelantikan,” terang Budi, Selasa (2/3).

Adapun tiga anggota DPRD lainnya, baru dinyatakan positif usai pelantikan dan sebelumnya menghadiri seremoni penggantian kepemimpinan di Kota Solo tersebut. Mereka bahkan berada satu ruangan bersama Wali Kota dan Wawali baru, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa.

“Selain itu ada satu staf komisi III yang juga positif Covid-19.”

Budi menerangkan, sebanyak empat anggota DPRD kini menjalani isolasi mandiri. Adapun dua wakil rakyat lain terpaksa dirawat di RSUD Bung Karno.

Seluruh anggota legislatif dijadwalkan mengikuti tes usap (swab) Polymerase Chain Reaction (PCR), dalam waktu dekat. Uji usap itu dibutuhkan lantaran para wakil rakyat saling berinteraksi usai pelantikan.

Adapun Gibran dan Teguh tidak dijadwalkan menjalani tes serupa. Sebab penyelenggara pelantikan sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kepala Dinas Kesehatan, Siti Wahyuningsih, menerangkan jika tes usap terhadap ketiga anggota legislatif peserta pelantikan Wali Kota dan Wawali telah dilakukan hari ini. “Tes dilakukan terhadap kontak erat anggota DPRD yang sebelumnya terkonfirmasi positif, selama tujuh hari ke belakang,” kata dia. (FP)

Leave a Reply