26.3 C
Surakarta
Regional Pembangunan Rumah Sakit Lapangan di Benteng Vastenburg Ditargetkan Rampung Sepekan

Pembangunan Rumah Sakit Lapangan di Benteng Vastenburg Ditargetkan Rampung Sepekan

Baca Juga

Sinyal-sinyal Kegelisahan Warga Kabupaten Demak, Cermin Kebutuhan Riil Nilai-nilai Budaya

Pakasa Diharapkan Menjadi Mitra Pemerintah, untuk Penguatan Ketahanan Budaya IMNEWS.ID - BILA menyimak ungkapan Bupati Demak KMAy Hj dr Eistianah  Retno...

Bupati Demak Gelisah Karena Warganya Sudah Kehilangan Tata-krama dan Sopan-santun

Pakasa Cabang Dibentuk untuk Diajak Bersama Hadapi Radikalisme dan Inteoleransi DEMAK, iMNews.id - Bupati Demak Hj dr Eistianah SE mengungkapkan...

“Ting-ting Hik, Jadah Jenang Wajik, Aja Lali Tinge Kobong….” (2-habis)

Dipindah ke Kupel Segaran untuk Meramaikan Kebon Raja IMNEWS.ID - UPACARA adat hajad dalem Malem Selikuran atau Lailatul Qadar untuk memperingati...
~Pariwara~

SOLO, iMNews.id – Berbagai peralatan yang dibutuhkan untuk mendirikan rumah sakit lapangan (Rumkitlap) telah tiba di Benteng Vastenburg, Jumat (22/1). Pembangunan rumah sakit khusus pasien Covid-19 itu ditargerkan rampung sepekan ke depan.

“Logistik telah tiba. Hari ini juga dilaksanakan pemasangannya. Idealnya bisa diselesaikan dalam waktu tujuh hari untuk infrastrukturnya,” jelas Danrem 074/Warastratama, Kolonel Inf Rano Tilaar.

Rencananya rumkitlap milik TNI tersebut akan dilengkapi 20 tenda, yang difungsikan sebagai lokasi perawatan pasien dan kegiatan penunjang lain setara rumah sakit umum. Menurut Rano, usai pembangunan fisik dirampungkan persiapan operasional rumah sakit akan dilanjutkan proses sterilisasi.

“Untuk operasionalnya tentu menunggu kesiapan tenaga medis. Persiapan teknis lainnya akan ditentukan oleh komandan rumkitlap.”

Dengan kapasitas 100 tempat tidur yang disiapkan, pelayanan kesehatan di rumkitlap tersebut akan dilayani 100 tenaga kesehatan (nakes).

Menurut Rano, rumkitlap akan terus beroperasi dengan menyesuaikan kebutuhan. Tolok ukurnya adalah manfaat rumah sakit dalam penanganan Covid-19. Ia berharap rumah sakit darurat tersebut bisa berkontribusi dalam penanggulangan korona di di Kota Bengawan dan sekitarnya.

“Nanti kalau Covid-19 sudah mereda, tentu akan dievaluasi lagi keberadaan dari rumah sakit portable ini,” papar Danrem.

Sementara itu Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mendukung upaya penanganan korona yang dilakukan TNI tersebut. Ia menilai keberadaan rumkitlap dapat membantu Pemkot dalam menekan laju penularan Covid-19.

“Jelas sangat menbantu untuk mengantisipasi ledakan pasien. Harapannya ya bisa segera turun angka kasusnya,” kata Wali Kota. (FP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini

Sinyal-sinyal Kegelisahan Warga Kabupaten Demak, Cermin Kebutuhan Riil Nilai-nilai Budaya

Pakasa Diharapkan Menjadi Mitra Pemerintah, untuk Penguatan Ketahanan Budaya IMNEWS.ID - BILA menyimak ungkapan Bupati Demak KMAy Hj dr Eistianah  Retno...

Berita Terkait