Selasa, 30 November 2021
Regional Pembangunan Rumah Sakit Lapangan di Benteng Vastenburg Ditargetkan Rampung Sepekan

Pembangunan Rumah Sakit Lapangan di Benteng Vastenburg Ditargetkan Rampung Sepekan

Baca Juga

Istana Maimun Medan Akan Dikembalikan Menjadi Ikon Kota

Dikunjungi Ketua DPD RI dan Disaksikan Ketua MAKN MEDAN, iMNews.id – Ketua DPD RI AA LaNyala Mahmud Mattalitti yang belakangan...

Pekan Seni dan Ekonomi Kreatif Jadi Ciri Peringatan 90 Tahun Pakasa

Didirikan Sinuhun PB X, Sebagai Embrio Demokrasi SOLO, iMNews.id - Pekan Seni dan Ekonomi Kreatif akan digelar Lembaga Dewan Adat...

Kerja-Bhakti Resik-resik Alun-alun dan Pagelaran, Awali HUT 90 Tahun Pakasa

Para Sesepuh Ajak KGPH Mangkubumi Pimpin Adik-adiknya Bergabung SOLO, iMNewsid – Setelah berhenti ketika memasuki Lebaran 2021 dan beristirahat beberapa...
~Pariwara~

SOLO, iMNews.id – Berbagai peralatan yang dibutuhkan untuk mendirikan rumah sakit lapangan (Rumkitlap) telah tiba di Benteng Vastenburg, Jumat (22/1). Pembangunan rumah sakit khusus pasien Covid-19 itu ditargerkan rampung sepekan ke depan.

“Logistik telah tiba. Hari ini juga dilaksanakan pemasangannya. Idealnya bisa diselesaikan dalam waktu tujuh hari untuk infrastrukturnya,” jelas Danrem 074/Warastratama, Kolonel Inf Rano Tilaar.

Rencananya rumkitlap milik TNI tersebut akan dilengkapi 20 tenda, yang difungsikan sebagai lokasi perawatan pasien dan kegiatan penunjang lain setara rumah sakit umum. Menurut Rano, usai pembangunan fisik dirampungkan persiapan operasional rumah sakit akan dilanjutkan proses sterilisasi.

“Untuk operasionalnya tentu menunggu kesiapan tenaga medis. Persiapan teknis lainnya akan ditentukan oleh komandan rumkitlap.”

Dengan kapasitas 100 tempat tidur yang disiapkan, pelayanan kesehatan di rumkitlap tersebut akan dilayani 100 tenaga kesehatan (nakes).

Menurut Rano, rumkitlap akan terus beroperasi dengan menyesuaikan kebutuhan. Tolok ukurnya adalah manfaat rumah sakit dalam penanganan Covid-19. Ia berharap rumah sakit darurat tersebut bisa berkontribusi dalam penanggulangan korona di di Kota Bengawan dan sekitarnya.

“Nanti kalau Covid-19 sudah mereda, tentu akan dievaluasi lagi keberadaan dari rumah sakit portable ini,” papar Danrem.

Sementara itu Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mendukung upaya penanganan korona yang dilakukan TNI tersebut. Ia menilai keberadaan rumkitlap dapat membantu Pemkot dalam menekan laju penularan Covid-19.

“Jelas sangat menbantu untuk mengantisipasi ledakan pasien. Harapannya ya bisa segera turun angka kasusnya,” kata Wali Kota. (FP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini

Istana Maimun Medan Akan Dikembalikan Menjadi Ikon Kota

Dikunjungi Ketua DPD RI dan Disaksikan Ketua MAKN MEDAN, iMNews.id – Ketua DPD RI AA LaNyala Mahmud Mattalitti yang belakangan...

More Articles Like This