Selasa, 30 November 2021
Kesehatan Benteng Vastenburg Disiapkan Jadi Rumah Sakit Lapangan Covid-19

Benteng Vastenburg Disiapkan Jadi Rumah Sakit Lapangan Covid-19

Baca Juga

Istana Maimun Medan Akan Dikembalikan Menjadi Ikon Kota

Dikunjungi Ketua DPD RI dan Disaksikan Ketua MAKN MEDAN, iMNews.id – Ketua DPD RI AA LaNyala Mahmud Mattalitti yang belakangan...

Pekan Seni dan Ekonomi Kreatif Jadi Ciri Peringatan 90 Tahun Pakasa

Didirikan Sinuhun PB X, Sebagai Embrio Demokrasi SOLO, iMNews.id - Pekan Seni dan Ekonomi Kreatif akan digelar Lembaga Dewan Adat...

Kerja-Bhakti Resik-resik Alun-alun dan Pagelaran, Awali HUT 90 Tahun Pakasa

Para Sesepuh Ajak KGPH Mangkubumi Pimpin Adik-adiknya Bergabung SOLO, iMNewsid – Setelah berhenti ketika memasuki Lebaran 2021 dan beristirahat beberapa...
~Pariwara~

SOLO – iMNews.id – Korem 074 Warastratama Surakarta bakal mendirikan rumah sakit lapangan (rumkitlap) di Benteng Vastenburg. Rumah sakit itu akan difungsikan sebagai lokasi perawatan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Danrem 074 Warastratama, Kolonel Inf Rano Tilaar, menjelaskan bahwa pada prinsipnya rumkitlap adalah rumah sakit yang dipindahkan ke lapangan. Fasilitas kesehatan yang disediakan disebutnya memadai, sebagaimana rumah sakit pada umumnya.

Rumkitlap juga didesain menjadi rumah sakit rujukan dan menangani pasien mulai kategori Orang Tanpa Gejala (OTG), bergejala ringan hingga bergejala berat.

Menurut Rano, Jawa Tengah adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki jumlah kasus Covid-19 tertinggi. Adapun Solo menjadi salah satu kota di Jawa Tengah yang menyumbang kasus tersebut.

“Ini dikarenakan rumah sakit di Solo umumnya menjadi rumah sakit rujukan Covid-19 dari rumah sakit kabupaten-kabupaten se-Solo Raya,” terang Rano.

Kondisi tersebut, disebutnya, mendorong Kepala Staf Angkatan Darat menyiapkan rumkitlap di Vastenburg. “Pemilihan lokasi ini adalah hasil koordinasi kami dengan kepala daerah. Rumkitlap juga harus dekat dengan RST Slamet Riyadi, karena para nakes rumkitlap adalah nakes RST.”

Selain itu Vastenburg yang dikelilingi tembok dan parit dinilai menguntungkan untuk operasional rumkitlap. Sebab tembok dan parit tersebut bisa menepis keraguan publik, terkait kebersihan lingkungan selama beroperasinya rumah sakit.

Rencananya rumkitlap dibangun mulai 21 Januari dan ditargetkan selesai tujuh hari sesudahnya. Rumah sakit itu akan memiliki daya tampung 100 bed dan dilayani 100 tenaga kesehatan (nakes), yang bekerja secara shift.

Rumkitlap juga akan dilengkapi fasilitas pendukung, seperti tenda nakes, tenda perawatan, tenda isolasi, Instalasi Gawat Darurat (IGD), farmasi dan fasilitas perawatan lainnya. (FP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini

Istana Maimun Medan Akan Dikembalikan Menjadi Ikon Kota

Dikunjungi Ketua DPD RI dan Disaksikan Ketua MAKN MEDAN, iMNews.id – Ketua DPD RI AA LaNyala Mahmud Mattalitti yang belakangan...

More Articles Like This