Senin, 25 Oktober 2021
Kesehatan Vaksinasi Penyandang Disabilitas Perlu Diprioritaskan

Vaksinasi Penyandang Disabilitas Perlu Diprioritaskan

Baca Juga

Ikatan Kekerabatan Warga Kebumen dengan Keraton Surakarta Nyambung Lagi

Honggowongso adalah Tokoh Arsitek Pembangunan Keraton Mataram Surakarta KEBUMEN, iMNews.id - Ikatan kekerabatan warga (Kabupaten) Kebumen dengan Keraton Surakarta kini...

Pakasa Banjarnegara Gelar Jamasan Pusaka Kalimasada

Putra Mahkota KGPH Mangkubumi Juga Tampak di Ritual Itu BANJARNEGARA, iMNews.id - Pengurus Paguyuban Kawula Keraton Surakarta (Pakasa) Cabang (Kabupaten)...

Gerakan #Selamatkan Keraton, Ditindaklanjuti Wali Kota Solo

Upayakan Bantuan Kemen PUPR untuk Renovasi Keraton Surakarta IMNEWS.ID – GERAKAN #Lestarikan Keraton yang ‘’dikobarkan’’ Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton...
~Pariwara~

SOLO, iMNews.id – Vaksinasi Covid-19 bagi penyandang disabilitas perlu diprioritaskan oleh pemerintah daerah. Sebab jumlah penyandang disabilitas di Indonesia terbilang besar.

Hal itu disampaikan Staf khusus (stafsus) Presiden Bidang Sosial, Angkie Yusdistia, usai berkoordinasi dengan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Surakarta, Kamis (3/6).

“Kami harap vaksinasi bagi penyandang disabilitas bisa diprioritaskan. Setelah itu bisa dilakukan pemulihan kesehatan untuk membangkitkan ekonomi,” tegas Angkie usai rapat koordinasi.

Menurut Angkie, populasi penyandang disabilitas tidaklah sedikit. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) terdapat lebih dari 30 juta penyandang disabilitas di Indonesia pada 2019. “Di Jawa Tengah sendiri ada lebih dari empat juta jiwa.”

Angkie menguraikan, vaksinasi bagi penyandang disabilitas sudah dimulai pemerintah pusat sejak 2 Juni. “Target Kementerian Kesehatan (Kemenkes) ada 562.242 penyandang disabilitas yang akan mendapatkan vaksin,” katanya.

Intervensi pemerintah daerah dibutuhkan, agar calon penerima vaksinasi dapat dilayani di seluruh fasilitas kesehatan. “Jadi tidak terbatas di alamat domisili KTP. Kami pun berharap agar pemerintah daerah bisa memenuhi kebutuhan vaksinasi sesuai ragam disabilitasnya,” beber Angkie.

Wali Kota Gibran Rakabuming Raka menjelaskan jika selama ini Pemkot sudah mengakomodasi keberadaan penyandang disabilitas dalam berbagai kebijakan.

“Vaksinasi bagi penyandang disabilitas juga menjadi salah satu prioritas kami. Sudah ada 100-an orang yang mendapat vaksin dan berjalan terus. Kalau ada yang membutuhkan untuk dijemput juga kami siap menjemput,” tegas Gibran. (F Pradipta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini

Ikatan Kekerabatan Warga Kebumen dengan Keraton Surakarta Nyambung Lagi

Honggowongso adalah Tokoh Arsitek Pembangunan Keraton Mataram Surakarta KEBUMEN, iMNews.id - Ikatan kekerabatan warga (Kabupaten) Kebumen dengan Keraton Surakarta kini...

More Articles Like This