Alqur’an Berbahasa Jawa, Diluncurkan Dalam Ritual Haul Sinuhun PB X

  • Post author:
  • Post published:July 28, 2022
  • Post category:Regional
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:2 mins read

Dalam Tugur Menyambut 1 Sura Tahun Ehe 1956 Sekaligus 1 Muharam Tahun 1444 H

SURAKARTA, iMNews.id – Kraton Mataram Surakarta akan meluncurkan buku tafsir Alqur’an berbahasa Jawa atau kagungandalem Kur’an Jawi dalam upacara adat haul atau khol meninggalnya Sinuhun PB X, yang diteruskan dengan wungon atau tugur menyambut datangnya Tahun Baru Jawa Ehe 1956 sekaligus Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah, pada malam tanggal 1 Sura atau 1 Muharam, yang tepat pada Jumat  29 Juli 2022, besok.  Acara tugur  atau tirakatan yang digelar di Pendapa Pagelaran Sasana Sumewa, dimulai pukul 19.00 dan diisi beberapa acara, dengan mengundang sejumlah pengurus Pakasa cabang, Putri Narpa Wandawa, sentana dan abdidalem garap serta abdidalem jurusuranata dan takmir beberapa kagungandalem masjid di luar Surakarta.

Dari undangan yang ditandatangani GKR Wandansari Koes Moertiyah selaku ketua LDA dan disebar dari kantor yang menjadi satu dengan kantor Pakasa Punjer di Kamandungan, Kraton Mataram Surakarta menyebutkan, sejumlah elemen di atas, bahkan termasuk perkumpulan para lulusan Sanggar Pasinaon Pambiwara atau Pasipamarta, para abdidalem prajurit termasuk Senapati Mataram dan Prajurit Jayatanantaka, diharapkan bisa hadir. Karena acara utamanya adalah haul atau khol Sinuhun PB X yang wafat tepat di malam 1 Sura, maka semua yang hadir diwajibkan mengenakan busana adat “kejawen” lengkap.

Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) yang akrab disapa Gusti Moeng ketika dimintai konfirmasi iMNews.id kemarin, membenarkan jadwal agenda upacara adat itu, yaitu kenduri wilujengan dan tahlil/dzikir Sultranagungan untuk haul Sinuhun PB X. Setelah itu, diteruskan dengan penyerahan sekaligus peluncuran Alqur’an Jawi yang pernah ditulis para abdidalem jurusuranata atas perintah dan seizin Sinuhun PB X, yang dilakukan oleh tim penyusun kepada Gusti Moeng selaku Ketua LDA mewakili Kraton Mataram Surakarta. Acara ditutup dengan wilujengan menyambut Tahun Baru Jawa Ehe 1956, yang datang tepat 1 Sura pada pukul 00.00, Sabtu Pahing dini hari (30/7). (won-i1)

Leave a Reply