Senin, 25 Oktober 2021
Hiburan #Lestarikan Keraton Terus Bergerak, Kini Bikin Film Tentang Solo

#Lestarikan Keraton Terus Bergerak, Kini Bikin Film Tentang Solo

Baca Juga

Ikatan Kekerabatan Warga Kebumen dengan Keraton Surakarta Nyambung Lagi

Honggowongso adalah Tokoh Arsitek Pembangunan Keraton Mataram Surakarta KEBUMEN, iMNews.id - Ikatan kekerabatan warga (Kabupaten) Kebumen dengan Keraton Surakarta kini...

Pakasa Banjarnegara Gelar Jamasan Pusaka Kalimasada

Putra Mahkota KGPH Mangkubumi Juga Tampak di Ritual Itu BANJARNEGARA, iMNews.id - Pengurus Paguyuban Kawula Keraton Surakarta (Pakasa) Cabang (Kabupaten)...

Gerakan #Selamatkan Keraton, Ditindaklanjuti Wali Kota Solo

Upayakan Bantuan Kemen PUPR untuk Renovasi Keraton Surakarta IMNEWS.ID – GERAKAN #Lestarikan Keraton yang ‘’dikobarkan’’ Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton...
~Pariwara~

Ketika Generasi Milenial Berbicara Tentang Surakarta dan Budaya Jawa

SOLO, iMNews.id – Gerakan #Lestarikan Keraton yang dideklarasikan segenap elemen Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Mataram Surakarta di bawah pimpinan Gusti Moeng bersama Relawan #Lestarikan Keraton yang diketuai musisi Rian D’Masiv, pertengahan 2020 lalu, kini terus bergerak. Setelah melakukan serengkaian pertemuan bersama beberapa waktu lalu, siang tadi kalangan elemen #Lestarikan Keraton melakukan konferensi pers tentang pruduksi film yang akan dimulai penggarapannya dalam waktu dekat.

‘’Intinya, saya selaku produser ingin meneruskan kegiatan #Lestarikan Keraton yang sudah berlangsung beberapa waktu lalu. Sekarang giliran bikin film tentang generasi milenial, bagaimana mereka berbicara tentang budaya (Jawa) sesuai versinya. Objek pengambilan gambarnya ya di Kota Surakarta. Karena, di kota ini menyimpan sejarah tentang budaya yang harus dilestarikan. Termasuk kalangan generasi milenial. Caranya, melalui film yang kita pandang lebih mudah dibanding cara-cara lain,’’ ujar Rian, vokalis grup band D’Masiv selaku produser film, ketika menjawab pertanyaan para wartawan dalam konferensi persnya di ndalem Kayoan, Baluwarti, tadi siang.

Ia bersama KPH Edy Wirabhumi selaku mitra inisiator, penulis skenario, sutradara dan tim yang dibawa dari Jakarta, menjelaskan latar belakang dan tujuan pembuatan film yang 70 persen objek pengambilan gambarnya di Solo, sedang sisanya dilakukan di Jogja dan Paris (Prancis). Paris juga dijadikan objek yang akan ditampilkan dalam film, karena gagasan film yang belum mendapatkan judul itu, ingin memperlihatkan pertemuan dua budaya melalui tokoh-tokoh yang akan ditampilkan.

WAWANCARA LANJUTAN :  Meski sudah menggelar konferensi pers yang melibatkan banyak pihak untuk berbicara, wawancara lanjutan tetap saja berlangsung ketika para awak media mengajak Rian D’Masiv untuk diwawancarai, mengingat dirinya adalah Ketua Relawan #Lestarikan Keraton sekaligus produser film tentang sejarah dan budaya Surakarta yang akan segera diproduksi itu. (foto : iMNews.id/Won Poerwono)

Bambang selaku sutradara/penulis skenario belum bisa menyebutkan nama-nama artis yang akan membintanginya, karena belum melakukan kontrak dengan para artis yang diinginkan. Tetapi, ada beberapa nama artis yang dipandang sangat cocok memerankan tokoh-tokoh dalam film tersebut, di antaranya Angga Yunanda, Butet Kertarajasa, Asri Welas dan sebagainya.

‘’Judul sementara kira-kira ‘Cinta Selamanya’. Ini nanti akan jadi film yang benar-benar anak muda, yang bisa ditonton usia 12 tahun ke atas. Kenapa Paris kita pilih sebagai salah satu lokasi shooting? Karena di sana adalah salah satu kiblat mode generasi milenial,’’ ujar Bambang.

Konferensi pers yang mengungkap cukup banyak latar belakang dan tujuan produk film itu, juga dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan Agus Santosa, utusan Dinas Pariwisata, utusan DPRD dan sebagainya. Semua menyambut baik rencana itu dan berjanji akan ikut mendukung segela keperluan yang dibutuhkan untuk menampilkan potensi Kota Surakarta yang pernah menjadi Ibu Kota ‘’negara’’ Mataram Surakarta selama 200 tahun, dan kini berkembang maju meski masih banyak meninggalkan jejak peradaban masa lampau. (won)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini

Ikatan Kekerabatan Warga Kebumen dengan Keraton Surakarta Nyambung Lagi

Honggowongso adalah Tokoh Arsitek Pembangunan Keraton Mataram Surakarta KEBUMEN, iMNews.id - Ikatan kekerabatan warga (Kabupaten) Kebumen dengan Keraton Surakarta kini...

More Articles Like This