Selasa, 30 November 2021
Seni Perlu Ada Penelitian Wayang dari Kajian Ekonomi

Perlu Ada Penelitian Wayang dari Kajian Ekonomi

Baca Juga

Istana Maimun Medan Akan Dikembalikan Menjadi Ikon Kota

Dikunjungi Ketua DPD RI dan Disaksikan Ketua MAKN MEDAN, iMNews.id – Ketua DPD RI AA LaNyala Mahmud Mattalitti yang belakangan...

Pekan Seni dan Ekonomi Kreatif Jadi Ciri Peringatan 90 Tahun Pakasa

Didirikan Sinuhun PB X, Sebagai Embrio Demokrasi SOLO, iMNews.id - Pekan Seni dan Ekonomi Kreatif akan digelar Lembaga Dewan Adat...

Kerja-Bhakti Resik-resik Alun-alun dan Pagelaran, Awali HUT 90 Tahun Pakasa

Para Sesepuh Ajak KGPH Mangkubumi Pimpin Adik-adiknya Bergabung SOLO, iMNewsid – Setelah berhenti ketika memasuki Lebaran 2021 dan beristirahat beberapa...
~Pariwara~

SOLO, iMNews.id – Kesenian wayang Indonesia memiliki potensi untuk bersaing dalam trend ekonomi (industri) kreatif dunia. Namun potensi itu harus didukung dengan pemikiran-pemikiran kreatif dari kajian ilmu ekonomi.

Dekan Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Surakarta Dr Sugeng Nugroho mengatakan, di era industri kreatif sekarang diperlukan kajian wayang dalam perspektif ilmu ekonomi. Namun sayangnya, penelitian yang mengkaji kesenian wayang dari ilmu ekonomi masih langka kalau tidak bisa dikatakan belum ada.

“Saya belum pernah membaca adanya penelitian wayang dari kajian ekonomi. Kalu ada saya kira itu sangat bagus bagi perkembangan wayang di masa mendatang,’’ ujar dia, baru-baru ini.

Menurut penuturan dia, penelitian wayang dari sudut ilmu ekonomi bisa mengkaji misalnya tentang akuntabilitas pengelolaan pertunjukan. Dengan akuntabilitas maka manajemen wayang yang sebelumnya masih bersifat tradisional bisa dikelola dengan manajemen modern.

“Menejemen modern saya kira perlu dikaji apakah bisa diterapkan dalam pertunjukan wayang. Sebab dengan menejemen modern kesenian wayang akan mampu bersaing dengan kesenian lain termasuk dari wilayah seni populer,” ujar Dosen yang mengajar di Jurusan Pedalangan FSP ISI Surakarta itu.

Seperti telah diketahui, saat ini dunia sedang memasuki trend ekonomi (industri) kreatif dalam gelombang ekonomi dunia. Sementara salah satu sub sektor dari ekonomi kreatif tersebut adalah seni pertunjukan yang dimungkinkan memiliki potensi besar. “Wayang sebagai bagian dari seni pertunjukan saya kira memiliki potensi dalam ekonomi kreatif.  Namun harus didukung pemikiran-pemikiran kreatif di antaranya melalui kajian khususnya dari ilmu ekonomi,’’ tandasnya.(Krisna Dewata)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini

Istana Maimun Medan Akan Dikembalikan Menjadi Ikon Kota

Dikunjungi Ketua DPD RI dan Disaksikan Ketua MAKN MEDAN, iMNews.id – Ketua DPD RI AA LaNyala Mahmud Mattalitti yang belakangan...

More Articles Like This