23.6 C
Surakarta
Nasional Istana Maimun Medan Akan Dikembalikan Menjadi Ikon Kota

Istana Maimun Medan Akan Dikembalikan Menjadi Ikon Kota

Baca Juga

Jemput Bola Sambil Sosialisasi, Formula “Wiradat” yang Beda Lagi (3-habis)

Hanya Dilakukan Orang-orang yang Visioner, Misioner dan Berkepribadian IMNEWS.ID - KIRA-KIRA tiga bulan lagi atau tepatnya 15 April 2022, sudah hampir...

Jemput Bola Sambil Sosialisasi, Formula “Wiradat” yang Beda Lagi (2-bersambung)

Ziarah, Kirab Budaya, Pengajian Akbar dan ''Wisudan'' Warga Pakasa IMNEWS.ID - BERSAFARI ''tour de petilasan'' untuk mencari dan merawat jejak leluhur...

Jemput Bola Sambil Sosialisasi, Formula “Wiradat” yang Beda Lagi (1-bersambung)

Putra Mahkota Didaulat Foto Bersama di Tengah Para Penabuh Gamelan IMNEWS.ID - SEBUAH keniscayaan yang terbingkai dalam tema besar ''Nut jaman...
~Pariwara~

Dikunjungi Ketua DPD RI dan Disaksikan Ketua MAKN

MEDAN, iMNews.id – Ketua DPD RI AA LaNyala Mahmud Mattalitti yang belakangan rajin berkeliling di keraton-keraton anggota Majlis Adat Keraton Nusantara (MAKN), mendapat respon positif dari pemerintah di daerah tempat keraton-keraton itu berada. Di antaranya, saat berkunjung di Istana Maimun, Medan, Sumatera Utara, langsung disambut Wali Kota Bobby Nasution dengan sejumlah aspirasi yang disampaikan.

‘’Mudah-mudahan, kedatangan bapak membawa kebahagiaan bagi seluruh masyarakat Kota Medan. Sekiranya bapak bisa memberi masukan, arahan dan bimbingan kepada kami, Pemkot dan masyarakat Kota Medan,’’ pinta Bobby saat menyampaikan sebagian aspirasinya kepada Ketua DPD RI Lanyala Mattalitti bersama undangan dan para raja anggota MAKN, saat menyambut kunjungan itu di Istana Maimun, Medan, Jumat siang (26/11).

Siaran pers DPD RI itu selanjutnya menyebutkan, intinya Wali Kota Medan yang menantu Presiden Joko Widodo itu ingin mengembalikan Istana Maimum sebagai ikon Kota Medan yang bisa membanggakan rakyat Indonessia. Keinginan itu berkait dengan harapannya untuk bisa membantu menyelesaikan permasalahan ekonomi masyarakat Medan, yaitu melalui potensi ekonomi yang bisa digali dari kearifan lokal adat-istiadat setempat.

MENDAPAT KESEMPATAN : Selaku Ketua Harian MAKN, KPH Edy Wirabhumi mendapat kesempatan memberi sambutan dalam sebuah jamuan di Istana Maimun, Medan (Sumut), Jumat (26/11), ketika Ketua DPD RI LaNyala Mattalitti berkunjung ke istana itu. (foto : iMNews.id/dok)

Wali Kota mengaku sudah beberapa kali melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dan diberi gambaran tentang apa yang akan dilakukan berkait dengan rencana renovasi Istana Maimun. Senada dengan itu, seorang ahli waris yang mewakili Kesultanan Deli, Saidin menyatakan, para raja saat bertemu Presiden Jokowi di Istana Bogor beberapa tahun lalu, mendapat isyarat bahwa pemerintah akan merenovasi keraton-keraton di Nusantara.

‘’Kami katakan, akan bergandengan tangan seluruh elemen bangsa, untuk keutuhan negara Indonesia yang modern, tetapi tidak melupakan jatidirinya sebagai negara yang bhineka. Sebab itu, sungguh luar biasa saat Ketua DPD RI mengangkat kembali kerajaan Nusantara dan berkunjung kemana-mana. Ini adalah tindaklanjut untuk mewujudkan negara Indonesia yang berkeadilan sosial,’’ tegas Saidin.

Dalam kesempatan itu, KPH Edy Wirabhumi selaku Ketua Harian MAKN yang ikut menyambut kehadiran Ketua DPD RI juga mendapat kesempatan memberi sambutan. Pada intinya, keberadaan MAKN untuk kembali merekatkan tali silaturahmi sendi-sendi kehidupan berbhineka yang tersebar di Nusantara, agar bisa menjadi potensi untuk tetap menjalankan tugasnya menjaga ketahanan budaya bangsa.

‘’Kini, MAKN terus melakukan konsolidasi agar bisa memberdayakan semua anggotanya yang kini ada 47 keraton. Sesuai arahan Presiden Jokowi saat bertemu para raja seperti yang disebut ahli waris Kesultanan Deli, kami berharap rencana renovasi bisa diwujudkan. Tetapi, dalam situasi pandemi seperti ini, kami lebih ingin menjadi mitra pemerintah untuk memperkuat ketahanan bangsa, menjaga keutuhan dan kebhinekaan itu. Agar bangsa ini bisa segera bangkit kembali,’’ ujar KPH Edy melengkapi sambutannya saat dijamu di Istana Maimun, menjawab pertanyaan iMNews.id, tadi siang. (won)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini

Jemput Bola Sambil Sosialisasi, Formula “Wiradat” yang Beda Lagi (3-habis)

Hanya Dilakukan Orang-orang yang Visioner, Misioner dan Berkepribadian IMNEWS.ID - KIRA-KIRA tiga bulan lagi atau tepatnya 15 April 2022, sudah hampir...

Berita Terkait